Senin, 16 September 2019

WEB HOSTING

WEB HOSTING




Pengertian

Hosting merupakan layanan yang menyediakan tempat menjalankan aplikasi atau penyimpanan data di lokasi terpusat (server) yang bisa diakses dengan koneksi internet. Hosting banyak digunakan untuk berbagai macam keperluan mulai dari penyimpanan serta aplikasi website, file transfer pada FTP, pusat data email, dan lain sebagainya.
Fungsi

Hosting digunakan untuk mempermudah pemilik website dalam mengelola dan mengakses websitenya. Dengan adanya layanan ini, maka server website tidak akan mudah down. Jadi setiap ada pengguna internet yang ingin mengakses situs Anda, maka orang tersebut dapat mengaksesnya dengan mudah dan lancar. Fungsinya ini tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi para pebisnis. Karena hosting dapat memudahkan konsumen atau calon pembeli untuk mengakses online shop tanpa halangan selama 24 jam setiap harinya. Manfaat lainnya adalah untuk menyimpan data. Hosting berbayar biasanya dibedakan menjadi beberapa varian kapasitas, ada yang berukuran 300 MB, 50 MB sampai ratusan GB.


Jenis-jenis

Seperti yang sempat disinggung bahwa hosting diibaratkan sebagai manajemen mall. Dimana ada banyak toko yang berjualan. Nah, pihak mall menyediakan layanan keamanan dan lokasi mall saja. Sementara pengguna jasa akan membayar sewanya. Misal online shop membutuhkan server untuk menyimpan data-data seperti gambar, file, data konsumen dan lain sebagainya. Maka hosting lah yang berperan dalam penyimpanan tersebut. Hosting sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis, berikut adalah diantaranya.
a. Shared Hosting

Shared hosting adalah salah satu jenis hosting yang berbayar. Bagi Anda yang memiliki dana minim, maka shared hosting merupakan pilihan yang tepat.
b. Virtual Private Server (VPS)

VPS sebenarnya hampir sama dengan jenis shared hosting. Hanya saja, sumber daya yang digunakan lebih tinggi kualitasnya.
c. Cloud Hosting

Jenis hosting selanjutnya adalah Cloud hosting yang memiliki banyak server. Masing-masing servernya didesain untuk bisa berinteraksi dan terhubung satu sama lain agar performa situs web tetap terjaga.
d. Dedicated Server

Dedicated hosting memiliki konsep yang hampir sama dengan konsep shared hosting. Dimana hanya ada satu server saja yang digunakan. Namun, dedicated server memungkinkan untuk satu website memakai satu server.
e. Colocation Server

Pada dasarnya colocation server mirip dengan dedicated server, perbedaannya terletak pada kepemilikian dan penempatan server.

Cara Kerja Web Hosting

Server Hosting pada dasarnya hanyalah sebuah perangkat komputer. Tidak sekedar hardware biasa, server memiliki spesifikasi yang lebih kuat dan juga besar. Komputer yang dipakai untuk menyimpan data website dan menjalankannya juga mempunyai jaringan internet yang cepat. Paket hosting menyediakan layanan server yang dapat membantu Anda menjalankan website.

Server sendiri menggunakan mesin virtual atau fisik seperti komputer yang difungsikan untuk menjadi database atau tempat penyimpanan file situs web. Umumnya, situs web membutuhkan sistem manajemen database yang baik dalam menyimpan informasi dan konten yang ada di dalamnya. Konten tersebut bisa berupa informasi produk, posting blog, artikel, dan lain sebagainya. Semua tergantung dari tipe atau jenis website yang dijalankan.

Trik Memilih Web Hosting

Seperti yang diketahui bahwa saat ini ada banyak hosting yang bisa dipilih di internet. Saking banyaknya, wajar saja jika banyak yang kebingungan dalam memilihnya. Hal pertama yang harus Anda lakukan saat memilih hosting adalah mencari referensi sebanyak mungkin. Pastikan jika hosting yang disediakan berkualitas. Caranya adalah dengan melihat siapa saja klien yang di handle. Lihat testimoni dari setiap klien yang sudah menggunakan hosting tersebut. Apakah track record yang dimiliki bagus atau tidak. Meskipun demikian, Anda harus memastikan bahwa testimoni dan daftar pelanggan yang diberikan tersebut adalah asli bukan fiktif.Jangan lupa untuk mengecek bandwith dan total penyimpanan data yang disediakan. Karena hosting yang benar pastinya menyediakan tempat penyimpanan data dengan kapasitas tertentu. Sesuaikan bandwith serta kebutuhan data penyimpanan data dengan website Anda. Dengan begitu, kinerja website akan lebih maksimal. Tentu saja, dukungan script juga menjadi aspek yang tidak boleh terlupakan saat Anda hendak memilih hosting.

Tips kedua adalah pilihlah hosting dengan harga yang normal atau wajar. Jangan terlena dengan harga yang terlampau murah. Karena harga yang tidak masuk akal atau berlebihan bisa jadi mengindikasikan bahwa server hosting yang disediakan tidak berkualitas. Tips selanjutnya adalah pilihlah Web Hosting yang memiliki CS yang ramah dan responsif. Hal ini sangatlah penting agar ketika ada masalah pada hosting yang digunakan, maka Anda bisa melakukan klaim kapan pun dengan mudah.

Sumber :

https://www.webhostingterbaik.org/read/apa-itu-web-hosting

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus